Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Alur tugas akhir part 1 (alur seminar proposal) Farmasi UNEJ

Semangat pagi!!!



       Alhamdulillah akhirnya selesai juga seluruh proses yang harus dilewati. Tinggal persiapan wisuda (baca: cari kebaya dan tukang rias. Hehehe). Kalau dibandingkan teman-teman yang lain memang tergolong telat. Menurut dokumen kelulusan sih lama studi mencapai 4 tahun 4 bulan 20 hari dan dari sekian tahun itu digunakan mengerjakan skripsi selama 1 tahun 4 bulan. Jadi kegiatan perkuliahan selesai
dalam kurun waktu kira-kira 3 tahun lebih dikit. Ngapain aja skripsinya sampai setahun lebih? Itu pertanyaan yang sering dilontarkan orang. Jawaban paling mudah ya senyum aja. Hehehe. Mereka kan nggak ngerti apa yang terjadi. Tragedi ganti dosen, ganti judul, dan peristiwa-peristiwa tak terduga lain. Ada tiga faktor yang sering memperlama tugas akhir : mahasiswanya malas, dosennya repot, atau penelitiannya yang susah. Dua faktor terakhir itu yang terjadi padaku dan memicu timbulnya faktor pertama. Apapun yang telah terjadi, yang penting sudah dinyatakan lulus dengan nilai A dan IPK yang memuaskan (walaupun belum mencapai cum laude).

         Di fakultasku (Farmasi UNEJ), ada beberapa step dalam menyelesaikan tugas akhir. Sebenarnya ada patokan dari universitas. Tapi tetap saja banyak adik tingkat yang mengirim pesan singkat, baik lewat SMS, WA, dan berbagai media lain untuk menanyakan apa saja yang harus dilakukan dalam rangkaian tugas akhir. Pada postingan ini coba saya jelaskan alur tugas akhir/ alur seminar proposal di fakultas farmasi Universitas Jember.

         Ada tiga bagian dalam rangkaian tugas akhir.

  1.  Alur seminar proposal
  2.  Alur ujian skripsi/ sidang
  3.   Finishing / daftar wisuda

         Dalam postingan ini akan saya jelaskan bagian pertama yaitu alur seminar proposal yang terdiri dari beberapa langkah berikut.

a.       Penentuan topik
b.      Masukkan proposal skripsi di KRS
c.       Daftar offline di akademik
d.      Rapat kombi --> penentuan pembimbing penguji
e.      Bimbingan proposal
f.        ACC proposal oleh kedua dosen
g.       Penentuan jadwal seminar proposal dengan keempat dosen
h.      Pesan ruangan dan viewer
i.         Cek proposal dan dicetak 4 kali
j.        Buat ppt
k.       Isi checklist sempro
l.         Buat surat tugas dan undangan
m.    Bagikan naskah dan undangan
n.      Pesan konsumsi dosen di bagian perlengkapan (mbak Ita)
o.      Latihan sempro
p.      Belajar n berdoa, mohon restu ortu
q.      Cetak berita acara di hari H
r.        Selamat berjuaaaanngggggg!!!!!!


dokumen yang digunakan antara lain:
form kesediaan membimbing
checklist sempro
transkrip
daftar hadir sempro minimal 10kali
naskah proposal yang sudah dijilid sebanyak 4 eksemplar
surat tugas
undangan
berita acara
form peminjaman ruang


Hal yang pertama dilakukan tentu persiapan topik skripsi. Ini sebaiknya dilakukan sebelum berakhirnya semester 6 (kalau semester 7 takutnya telat lulus). Cara menentukan topik skripsi akan dibahas di postingan lain. Kemudian di semester 7 (atau semester 8 tergantung kemampuan studi) kita harus memprogram proposal skripsi di KRS SISTER. Setelah itu, isi form pendaftaran di bagian akademik mengenai topik skripsi dan bagian/lab yang dipilih serta form persetujuan membimbing. Berdasarkan data itu, KOMBI (komisi bimbingan skripsi) akan menetukan siapa yang jadi dosen pembimbing utama (DPU) dan dosen pembimbing anggota (DPA) sekaligus dua nama dosen yang jadi penguji. Nama-nama dosen tersebut akan diumumkan setelah rapat kombi sekitar satu atau dua bulan sejak berakhirnya periode KRS.

Kalau sudah diumumkan siapa dosen pembimbingnya, baru deh mulai proses bimbingan prososal skripsi (bab 1-3). Biasanya DPU dulu baru ke DPA atau bisa berjalan bersamaan tergantung situasi. Disinilah kesabaran mahasiswa mulai diuji. Nganggur seharian menunggu dosen pun jadi makanan sehari-hari. Ada dosen yang repot atau pegang jabatan tertentu jadi koreksinya cukup lama. Atau dosennya lupa (kemarin disuruh pakai metode A, besoknya ganti B, seminggu kemudian balik A lagi). Harus ekstra sabar pokoknya.

Setelah bab 1 sampai 3 di ACC alias sudah disetujui, baru ribet persiapan seminar proposal. Pertama, kita tentukan kira-kira kapan mau seminar proposal (umumnya 7-14 hari setelah kedua dosen ACC proposal) lalu ke bagian akademik untuk melihat pada minggu tersebut apakah ada ruangan yang kosong (semoga bu dekan segera membuatkan ruang khusus ujian skripsi). Langkah kedua yaitu menghubungi dosen penguji dan pembimbing untuk menyesuaikan jadwal dari keempat dosen tersebut. Ini agak sulit apalagi jika dosen tersebut ada yang pegang jabatan atau dari luar fakultas (praktisi RS, dokter, dosen fakultas lain, dll). Sekedar saran, sebaiknya dosen penguji didahulukan karena jika amat sangat terpaksa jadwalnya tidak bisa sesuai maka dosen pembimbing boleh tidak hadir salah satu.

Penentuan jadwal ini biasanya nggak cukup sehari. Sambil nunggu dosen, kita bisa mempersiapkan presentasi (ppt) dan checklist sempro. Untuk isi ppt sebaiknya ringkas saja karena waktu pemaparan maksimal 15 menit. Buat ppt semenarik mungkin tapi jangan ditambah aksesoris atau gambar yang tidak perlu. Isi ppt apa? Tentu saja slide pertama isinya judul penelitian, nama dan NIM mahasiswa, logo unej, dan tulisan fakultas serta tahun. Ada yang ditambah nama pembimbing. Slide selanjutnya tentu latar belakang penelitian yang disajikan dalam poin-poin atau skema sederhana, tujuan, manfaat dan rumusan masalah. Tinjauan pustaka buat sesingkat mungkin. Metode penelitian sebaiknya disusun berupa gambar atau skema. Ingat, ppt bukan buku. Jangan diisi full paragraf!

Ppt bisa dikerjakan di kost. Sementara itu di kampus mempersiapkan checklist sempro. Dalam checklist sempro itu diharuskan mencetak transkrip nilai sementara dan mempersiapkan bendelan naskah proposal sebanyak 4 eksemplar serta minimal telah hadir 10 kali sempro (lampirkan daftar hadir). Jadi setelah di ACC, proposalnya segera dicek ulang lalu dicetak dan dijilid. Checklist itu diperiksa dulu di akademik (pak Saifuz) untuk mendapatkan paraf, lalu minta tanda tangan dosen pembimbing akademik dan komisi bimbingan.

Jadwal keempat dosen oke, checklist oke, silahkan cetak undangan dan surat tugas penguji sekaligus pesan ruangan dan viewer. Jangan lupa ditandatangani dulu, difotokopi, baru distempel. Kalau sudah, bendelan naskah proposal dibagikan ke keempat dosen beserta undangan (semua dosen) dan surat tugas (penguji). Pembagian bendelan ini maksimal 3 hari sebelum jadwal seminar proposal. Pesan konsumsi juga ke bagian perlengkapan (mbak Ita). Gratis kok. Hehehe.

Kalau dosennya sempat, minta latihan sempro ke DPU atau DPA. Latihan dengan teman juga boleh.
Beres?? Belum. Di hari H sebelum sempro cetak berita acara dulu di SISTER. Harus hari H karena ada tanggal otomatis di surat itu.

Oke deh. Selamat belajar. Jangan lupa beritahu teman-teman untuk hadir di sempromu. Kurang dari 10 penonton maka sempro tidak dimulai.

Untuk alur siding dan wisuda tunggu postingan selanjutnya ya.

Good luck!
 

 ini potongan checklist sempro. format baru menggunakan kop surat kemenristek dikti. bisa minta di akademik atau tante fotokopi.



kalau ini form kesediaan membimbing.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar