Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Preskripsi Terapan (Resep 03)

R/ glucobay mg 50 XXX
    S.t.d.d tab 1

pasien 65th/60kg/168cm

Diagnosa :
 IBM normal
 Punya mag; px minum ranitidin
 Diabetes gdp 130mg/dl   gdpp 250mg/dl

DTP no 3. Ineffective drug ; not effective for condition
First line terapi untuk penyakit diabetes tipe 2 adalah golongan sulfonilurea (applied therapeutic). Selain itu sumber lain menyebutkan untuk px DM tipe 2 tanpa obesitas digunakan obat gol sulfonilurea (Martindale, 431)

DTP no 5 adverse drug reaction ; undesirable effect
Glucobay merupakan obat golongan acarbosa mempunyai efek yang signifikan dalam menurunkan glukosa darah dan tidak menyebabkan glikemik saat digunakan sendiri tapi menyebabkan efek GI yang tidak bisa ditoleransi sehingga penyakit mag pasien bisa semakin parah (Martidale, 431)

DM obes=biguanid
Tdk obes=sulfonil
Geriatri tidak boleh pakai klorpropamid dan glibenclamid krn durasi n waktu paruh panjang shg dapat meningkatkan resiko hipoglikemik (martindale 431 BNF 381)

Solusi
Untuk mengatasi penyakit diabetes melitus tipe 2 tanpa obesitas digunakan obat golongan sulfonilurea. Sulfonilurea yang digunakan adalah yang golongan short acting seperti glimepirid, glicazid atau tolbutamid.
Harus dihindari penggunaan yang long acting seperti metochlorpramid atau glibenklamid karena resiko terhadap hipoglikemi besar pada pasien geriatri (BNF, 381 atau Martindale, 431). Oleh karena itu glucobay diganti dengan glimepirid karena termasuk obat short acting sehingga resikonya terhadap hipoglikemi lebih kecil, selain itu juga merupakan obat golongan sulfonilurea generasi kedua yang memiliki potensi yang lebih besar dibandingkan generasi pertama seperti tolbutamid.
Dosis glimepirid untuk geriatri adalah 1 mg/hari (DIH, BNF 382). Sediaan yang tersedia adalah glimepirid 2 mg. Diberikan untuk 10 hari

Rekomendasi resep
R/ Glimepirid tab mg 2 V
S.1.d.d tab ½ dc

Aturan minum : sebelum atau saat makan pagi (BNF 382)

KIE
Mengatur pola makan, olahraga teratur, membatasi asupan gula,meningkatkan asupan makanan berserat, obat dapat meningkatkan berat badan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar