Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

sekilas Universitas Jember


duhh.. tahun 2013 sudah hampir berakhir ya..
lama nggak berkunjung ni. coret-coret dulu ah sebelum ganti tahun. hmm.. apa ya???
bahas tentang kampus tercinta aja deh.


Tentang universitas negeri yang ada di ujung timur pulau Jawa. Yup! Kamu benar! Universitas Jember. Emang sih tanpa embel-embel “negeri”. Tapi statusnya negeri lho. Yaa..kayak UGM atau UI gitu lah. Walaupun tanpa kata negeri kan tetep negeri. Nggak harus Universitas Negeri Gadjah Mada atau Universitas Negeri Indonesia kan untuk menunjukkan status ke“negeri”annya. Begitu pula dengan Universitas Jember. Banyak yang bertanya-tanya. Negeri ta itu? jawabnya :iya, NEGERI alias PTN. Walaupun
sebenernya PTN atau PTS kan tergantung kualitasnya juga. Tapi dari jaman SD sepertinya sudah diukir dalam-dalam di benak kita kalau sekolah yang bagus itu yang negeri. Oke lah. Move on dari status itu.
Berhubung ini lagi musimnya pendaftaran kuliah, pasti adek-adek SMU banyak yang bingung milih jurusan. Sekedar gambaran umum aja. Universitas Jember (disingkat: UNEJ, bukan UnJem. Hehehe..) punya pilihan jurusan terlengkap. Nggak percaya? Ini buktinya. Tersedia beragam menu sesuai keinginan anda (emang kafe ada menunya???)
Mau jadi guru? FKIP ada..
Mau jadi dokter? UNEJ punya FK..
Dokter gigi? Punya dong. Malah udah punya RSGM alias Rumah sakit gigi dan mulut.
Pengen jadi saintis? Ada fakultas MIPA yang siap menyalurkan keinginanmu..
Pengen jadi pengacara? Jangan khawatir. Unej punya fakultas Hukum.
Kalau Akuntan? Main2 sama uang? Ada fakultas Ekonomi.

Cintaku..
Hilang cantik bunga di wajahmu..
Cieee.. bikin puisi nih? Tenang..ada fakultas Sastra.
Buat yang hobi main palu, obeng, gambar peta ruwet ada fakultas teknik.
Program studi sistem informasi tersedia buat kamu yang suka dunia informatika atau seneng bongkar komputer tapi nggak tau cara ngembalikan lagi. Hehehe..
Mengembangkan pedesaan dengan pengembangan pertanian juga bisa. Ada fakultas pertanian.
Terus kalau mau mengolah hasilnya ada fakultas teknologi pertanian.
FISIP?? Ada kok.
FKM?? Keperawatan??? Ada..
Apalagi ya..
Nah, fakultasnya sendiri lupa belum disebutkan.
Fakultas Farmasi. Buat kamu yang terjebak diantara dunia kimia dan medis. Disini tempat kamu bisa sesuka hati memainkan reagen, tumbuhan, merasakan sensasi pegang narkotik psikotropik, berkencan dengan mencit ataupun buku tebal, merancang formula obat anti galau dan mencetaknya menjadi tablet ukuran setengah mili,me... ya itu lah. Ntar keterusan. Hehehe..
Nanti deh insya Allah takceritakan secara lengkap ada apa aja di UNEJ di lain waktu ya.

Mungkin ada yang nanya. UNEJ dimana sih?
Unej sesuai namanya ada di Kabupaten Jember propinsi Jawa Timur. Sekitar 4 jam dari Surabaya, 3 jam dari Malang, 3 jam dari Banyuwangi. Naik apa? Apa aja bisa kok. Pesawat terbang? Bisa sih, tapi turun Surabaya. Hehehe.. jember punya bandara sebenernya. Cuma kurang tahu operasionalnya seperti apa.

Rute menuju Universitas Jember
Kalau naik bis turun aja di terminal Tawangalun Jember. Lalu naik Lyn atau angkutan kota D jurusan kampus Unej. Bisa juga naik taksi. Sekitar setengah jam sampailah anda di Jalan Kalimantan tempat gerbang utama kampus Unej.
Maaf nggak bsa lengkap karena jarang sekali naik bis.
Kalau kereta api lumayan ngerti.
Kalau dari daerah Jogja, naik Logawa palig enak. Kenapa? Karena KA Logawa terakhir berhenti Jember. Jadi nggak khawatir terlewat. Kelas Ekonomi pula. Cocok buat kantong anak kost pada umumnya. KA Logawa berangkat dari stasiun Purwokerto lewat Madiun-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya Gubeng-Sidoarjo-Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Jember. Dari Stasiun Mojokerto sekitar pukul 14.07 WIB dan sampai stasiun Jember pukul 19.15 WIB. Saat ini harganya masih 50.000 rupiah. Tahun depan (besok. Hehehe..) kayaknya naik.

Ada juga KA Sri Tanjung. Berangkat dari stasiun Lempuyangan,Jogja seterusnya rute sama dengan Logawa tapi tidak berakhir di Jember. Masih terus ke Kalisat-Kalibaru-Banyuwangi. Jadi hati-hati terlewat kalau yang belum biasa. Dari stasiun Mojokerto sekitar pukul 12 siang. Sampai stasiun Jember kira-kira pukul 18 sore. Kelas Ekonomi juga. Harganya 50.000 juga. Jauh dekat sama. Jangan khawatir walaupun ekonomi tapi kedua kereta ini ber-AC lho. Beberapa waktu terakhir ini full music juga. Haduh.. dibayar berapa sama PT.KAI promosi kayak gini. :-D

Dari Malang ada KA Tawangalun. Rutenya dari stasiun Malang (kurang tahu Malang mana stasiunnya banyak sih) lewat stasiun Bangil-Pasuruan-Probolinggo-Jember-Banyuwangi. Harganya sedikit lebih murah. 35 ribu kalau nggak salah. Kelas ekonomi dan ber-AC juga.

Dari Banyuwangi ada KA Probowangi. Rutenya Banyuwangi-jember-Probolinggo.

Kalau mau bisnis atau eksekutif ada KA Mutiara Timur siang dan malam. Harganya lumayan.hehehe.. awas terlewat soalnya terakhir stasiun banyuwangi.

Lalu dari Stasiun Jember naik apa ke daerah kampus?
  1.  Naik ojek. Tapi agak serem juga sih kalau belum pernah. Tarifnya antara 10-15 ribu. Tinggal bilang ke kampus Unej,pak. Jalan deh!
  2.  Naik lyn D atau taksi. Dari jalan depan stasiun jalan ke kiri dikit sampai pertigaan disitu ada pangkalan Lyn sama taksi. Tinggal pilih yang mana. Kalau lyn D jurusan kampus tarifnya 4 ribu turun depan kampus unej. Kenapa kok harus ke pertigaan dulu? Katanya sih kalau mangkal di depan stasiun takut ramai ma tukang becak. Lagipula lyn D rutenya nggak lewat depan stasiun pas, tapi agak ke timur sedikit.
  3.      Naik becak. Kalau pinter nawar per orang 10 ribu oke. Tapi lat jumlah bawaan ma berat badan juga ya. Gimanapun tenaga manusia yang diandalkan dalam mode kendaraan ini. Turun mana? Kampus unej lah. 15-20 menit an tergantung pak becaknya.
  4.   Dijemput teman/saudara. Ini paling nyaman.hehehehe...
Kalau dari luar pulau yang naik kapal maaf saya kurang paham. Mungkin bisa turun di pelabuhan Ketapang di Banyuwangi atau turun di Surabaya. Kalau pesawat a turun bandara Juanda lalu lanjut jalur darat.
Sementara itu dulu. Mau lanjut belajar buat UAS. Curhat dikit ya. Entah kenapa selama hampir 3 tahun kuliah ini ujian semester ganjilnya Unej selalu pas tahun baru. Semester 1 dan 3 kemarin pas tanggal 2 januari, tapi semester 5 ini maju dikit jadi 30 desember. Intinya sama aja. Tahun barunya kencan sama materi ujian. Tapi gak masalah. Toh tahun baru buatku juga gak ada acara spesial selain ritual ganti kalender sama bapak ibu. Hiks.. 3 tahun sudah nggak melakukan itu. kangen rumah jadinya..

Sudah ah. Malah jadi melow ria. Semoga coretan ini bermafaat yah. Jangan lupa tinggalkan komentar..  makasih. Salam semangat!


# update harga tiket per Agustus 2016
KA Logawa 74 ribu rupiah
KA Sri Tanjung 94 ribu rupiah
KA Tawangalun 65 ribu rupiah
rajin cek perubahan jadwal keberangkatan di stasiun yaa...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

22 komentar:

Anonim mengatakan...

Tanya donk kalo angkot dari jalan sumatra ke terminal kode ap ya ?

Anonim mengatakan...

Kalo dari jalan sumatera ke stasiun kode angkotnya ap ya ??

serba serbi dunia mengatakan...

makasih infonya.... sangat membantu...

Unknown mengatakan...

asek

adekniar mengatakan...

maaf belum sempat update trayek angkot. bisa diperjelas itu terminal apa? terminal Tawangalun, pakusari, arjasa?
tunggu postingan berikutnya ya.

Unknown mengatakan...

Ymp stasiun jmber jam 9 mlm madi ada kendaraan umum gk?

adekniar mengatakan...

dear Feruniekhoirunnisa..
maaf sangat telat balas karena repot dengan tugas akhir.
kalau boleh tau naik kereta apa ya kok sampai stasiun jam 9 malam? Tawangalun kah?
Jam segitu saya kira lyn/angkot agak susah. tapi kalau taksi dan ojek rasanya masih siap sedia.
atau mendinan minta jemput teman/saudara karena sudah termasuk jam malam.
semoga membantu

Unknown mengatakan...

Kak yang angkot lyn D itu dapatnya di depan hotel nusantara yang ada pertigaan itu? Apa harus ke alun akun depan indomaret?

Unknown mengatakan...

Kak yang angkot lyn D itu dapatnya di depan hotel nusantara yang ada pertigaan itu? Apa harus ke alun akun depan indomaret?

adekniar mengatakan...

darimana dulu ini.
setahuku lyn D gak lewat hotel nusantara. lewatnya alun2 daerah pizza hut kalo lynD yang arah kampus. kalo lyn D yang ke tawangalun lewat alun2 yang depan bank BRI

Unknown mengatakan...

Salam...dari alumni FKIP Universitas Jember 1993, tp gak jd guru seperti perkiraan anda. Saya bekerja di Dinsosnakertrans :-)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
adekniar mengatakan...

selamat malam, bu Lestari Budi.
waduh dikunjungi angkatan senior jadi malu. terimakasih kunjungannya,bu.
1993? saya baru lahir. hehehe..
kalau boleh tahu dinsosnakertrans mana ya bu?
sepertinya pengalamannya menarik dari FKIP tapi bekerja di dinsosnakertrans

Anonim mengatakan...

Terima kasih infonya, sangat membantu :)))
Apakah ada penginapan di luar wilayah sekitar UNEJ yang recomended? Atau didalam wilayah kampus UNEJ untuk masyrakat umum?

adekniar mengatakan...

penginapan seperti apa ya? kalau hotel paling dekat dengan UNEJ ya hotel Ebizz. kalau di dalam wilayah kampus maaf saya kurang paham.

Unknown mengatakan...

Mau Tanya, kalau Dari madiun ke UNEJ berapa kilometer ya? Dan berapa jam kira2?

Anonim mengatakan...

Mau tanya, kalau angkot tujuan jalan baturaden kode apa ya ?

adekniar mengatakan...

@nur maulida berapa kilonya bisa dicek di oogle map. kalau naik kereta sekitar 8 jam

adekniar mengatakan...

naik lyn D turun di perempatan mastrip lalu jalan kaki atau naik becak.

Hill's blog mengatakan...

Maaf kalo dari sidoarjo ke unej naik kereta turunnya di stasiun apa ya namanya? Makasih infonya

Hill's blog mengatakan...

Maaf kalo dari sidoarjo ke unej naik kereta turunnya di stasiun apa ya namanya? Makasih infonya

Anonim mengatakan...

terimakasih..sangat membantu infonya..

Posting Komentar